Sejarah Bola Basket, Bulu Tangkis, dan Sepak Bola

 

Bola basket adalah salah satu jenis olahraga yang banyak digemari masyarakat dunia. Di Indonesia, bola basket dimainkan oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja, dewasa, anak-anak hingga orang tua.

 

Dalam praktiknya, bola basket dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain. Untuk memenangkan permainan, tim harus mencetak angka yang banyak ke keranjang lawan. Ini dilakukan dengan teknik mengoper, menggiring, dan menembak bola.

 

Permainan basket pertama kali diperkenalkan oleh Dr. James Naismith yang merupakan guru olahraga asal Kanada. Bagaimana awal mulanya? Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut.

 

Sejarah Bola Basket dimulai pada tahun 1891. Permainan ini diciptakan oleh guru olahraga asal Kanada bernama Dr. James Naismith.

 

Mengutip buku Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Kesehatan oleh Paiman, S,Pd, beliau merupakan guru yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional, YMCA. Perguruan tinggi diperuntukan bagi pemuda umat Kristen kawasan Springfield, Massachusetts.

 

Mulanya, Naismith diperintahkan untuk membuat suatu permainan di ruang tertutup. Permainan ini nantinya digunakan untuk mengisi masa liburan musim dingin para siswa di New England.

 

Kemudian Naismith pun menciptakan permainan basket yang terinspirasi dari permainan masa kecilnya di Ontario. Naismith menciptakan permainan ini pada 15 Desember 1891.

 

Menurut cerita, Naismith banyak berjuang dalam menciptakan permainan basket ini. Ia membuat sejumlah peraturan dasar, menempelkan brosur permainan, dan meminta para siswa untuk memainkan olahraga ciptaannya itu.

 

Mengutip buku Teknik Pempelajaran: Keterampilan Dasar Passing Bola Basket karya Herri Yusfi, pertandingan resmi bola basket ciptaan Naismith pertama kali diselenggarakan pada 20 Januari 1892. Olahraga ini kemudian terkenal di Amerika Serikat dan memiliki penggemar fanatik di beberapa kota.

 

Awalnya, basket dimainkan oleh sembilan orang tanpa teknik dribble. Sehingga, bola hanya dapat berpindah dari satu pemain ke pemain lain melalui lemparan. Hingga pada tahun 1924 permainan bola basket resmi menggunakan teknik dribble dan mulai didemonstrasikan di Olimpiade Perancis.

 

Pada 21 Juni 1932, atas prakarsa Dr. Elmer Beny yang merupakan Direktur Sekolah Olahraga di Jenewa, diadakan konferensi bola basket dunaia. Pada konferensi tersebut terbentuklah federasi bola basket internasional yang diberi nama Federation de Basketball Amateur (FIBA). Pada 1936, untuk pertama kali bola basket dipertandingkan di Olimpiade Jerman yang diikuti oleh 21 negara.

 

Olahraga ini semakin mendunia dan dikenal berbagai negara. Dalam pertandingan internasional, olahraga basket selalu menjadi bagian dari cabang olahraganya.

Di Indonesia sendiri, permainan bola basket pertama kali dikenal pada tahun 1900-an. Permainan ini dibawa oleh pedagang China yang menjajakan barangnya di Indonesia.

 

Informasi ini diperkuat dengan adanya fakta bahwa menjelangkemerdekaan, klub-klub bola basket di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, D.I. Yogyakarta, dan Surabaya sebagian besar tumbuh dari sekolah-sekolah Cina.

 

Dari klub itu pula kemudian lahir salah seorang pemain legendaris Indonesia yaitu Liem Tjien Siong yang kemudian dikenal dengan nama Sonny Hendrawan. Pada 1967 Sonny Hendrawan terpilih sebagai pemain terbaik pada Kejuaraan Bola Basket Asia IV di Seoul, Korea Selatan.

 

Permainan bola basket di Indonesia semakin berkembang pesat. Banyak kompetisi internasional diikuti dan dimenangi tim basket nasional. Prestasi gemilang pun didapatkan oleh atlet-atletnya.

 

 

Bulu tangkis adalah olahraga permainan yang dilakukan dengan menggunakan raket, kok, serta net sebagai pembatas. Olahraga ini hanya bisa dilakukan 1 lawan 1, atau 2 lawan 2.

 

Bila menengok jauh ke belakang, bulu tangkis memiliki dua versi sejarah. Ada yang mengatakan bahwa olahraga permainan ini berasal dari Mesir Kuno.

 

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa olahraga ini berasal dari Tiongkok. Meski begitu, menurut laman Wikipedia, olahraga ini telah ada di Mesir sekitar 2.000 tahun yang lalu.

 

Sementara di Tiongkok, bulu tangkis mulanya disebut “jianzi”. Ini adalah permainan yang mirip bulu tangkis, tetapi tidak menggunakan raket.

 

Namun, aturan dari permainan jianzi hampir mirip dengan bulu tangkis, yaitu menjaga kok agar tidak jatuh.

 

Jika ada pemain yang menjatuhkan kok, nilai atau poin akan diberikan pada pihak

lawan.

 

Olahraga bulu tangkis mulai dikenal di Indonesia pada 1930-an. Kala itu, olahraga bulu tangkis berada di bawah sebuah perkumpulan olahraga bernama Ikatan Sport Indonesia (ISI).

 

Namun, sejarah bulu tangkis di Indonesia sempat sedikit terhambat akibat adanya perang dunia 2.

 

Meski kepopulerannya sempat turun, olahraga bulu tangkis kembali dikenal pada 1947. Tepatnya setelah Indonesia mencapai kemerdekaan.

 

Sejak itu, olahraga bulu tangkis mulai digemari lagi. Hingga pada 1948, olahraga bulu tangkis di Indonesia mulai benar-benar dikenal masyarakat luas.

 

Hal ini karena Presiden Ir. Soekarno membuat sebuah kampanye yang disebut “nasional bilding.”

 

Kampanye ini sebenarnya merupakan sebuah visi untuk melakukan pembangunan secara besar-besaran di Indonesia, dari segala sektor.

 

Tujuan dari kampanye ini adalah untuk memantik semangat perjuangan dan membangun kembali Indonesia. Terutama setelah perang berlangsung dan berbagai hal lain yang terjadi.

 

Nah, salah satu caranya adalah dengan olahraga, seperti bulu tangkis. Olahraga ini dipilih karena dianggap dapat menyatukan bangsa Indonesia.

 

Bahkan, Presiden Soekarno kala itu sempat berupaya untuk menjadikan Indonesia meraih kesuksesan di Kancah internasional. Termasuk pada cabang olahraga bulu tangkis.

 

Presiden Soekarno juga meyakini bahwa Indonesia dapat berada di posisi 10 besar, sebagai penguasa bulu tangkis di dunia. Hal ini bahkan telah dicanangkan melalui Keppres Nomor 263/1953.

 

Kala itu, Indonesia telah meraih kesuksesan dengan menjuarai Thomas Cup yang diselenggarakan di Singapura.

 

Prestasi ini kemudian memberi semangat lebih pada masyarakat Indonesia. Seolah sebagai pembuktian bahwa negara yang baru merdeka nyatanya mampu bersaing di tingkat Internasional dengan menjuarai Thomas Cup.

 

Hal ini juga yang kemudian membuat pemuda Indonesia berbondong-bondong menekuni olahraga bulu tangkis. Tentunya dengan harapan bisa mengharumkan nama Indonesia.

 

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh orang-orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

 

Sepak bola ini menjadi olahraga terbesar dan terpopuler di kalangan masyarakat dunia, apalagi tahun depan akan digelar Piala Dunia 2022.

 

Bahkan, dalam sebuah pertandingan sepak bola ramai disaksikan oleh para penonton, baik yang datang langsung ke stadion maupun lewat siaran televisi.

 

Nah, sepak bola sendiri merupakan suatu permainan yang dilakukan secara kelompok dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

 

Dalam sepak bola juga setiap tim harus bisa mempertahankan gawangnya agar tidak kemasukan bola dari tim lawan.

 

Popularitas dari sepak bola menjadi salah satu yang terbesar di dunia olahraga, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa masih menggemari olahraga ini.

 

Sejarah sepak bola ternyata sudah dikenal sejak 255 sampai 206 SM atau sekitar abad ke 2 sampai ke 3.

 

Pada zaman dahulu, sepak bola pertama kali dimainkan di Tiongkok yang bertujuan untuk melatih fisik para tentaranya.

 

Saat di Tiongkok sepak bola dikenal dengan sebutan Tsu Chu yang artinya menerjang bola dari kulit dengan kaki.

 

Selain di Tiongkok, Yunani juga telah mengenal sepak bola sejak tahun 800 SM dengan sebutan episkyro dan harpastum.

 

Lalu orang-orang pada era Mesir kuno juga melakukan hal yang sama dengan mengenalkan permainan menendang dan membawa bola yang dibuat dari buntalan kain.

 

Akan tetapi, sepak bola modern pertama kali dipelopori oleh Inggris pada pertengahan abad 12.

 

Sepak bola di Inggris dimainkan di padang rumput dan jalan-jalan di Inggris, akan tetapi pada sepak bola modern awalnya permainan tersebut lebih menggunakan kekerasan.

 

Hingga akhirnya pada 1863, dibuatlah berbagai aturan mengenai permainan sepak bola yang juga menjadi awal lahirnya sepak bola modern.

 

 

Previous articleRekomendasi Lagu Slow Rock Ter Hits Indonesia dan Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here